publishers admin area

Get Gifs at CodemySpace.com

Jumat, 06 April 2012

Bukti – Bukti Peninggalan Islam di Indonesia


BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang

Sejarah masuknya Islam ke wilayah Nusantara sudah berlangsung demikian lama, sebagian berpendapat bahwa Islam masuk pada abad ke-7 M yang datang lansung dari Arab. Pendapat lain mengatakan bahwa Islam masuk pada abad ke-13, dan ada juga yang berpendapat bahwa Islam masuk pada sekitar abad ke 9 M atau 11 M . Perbedaan pendapat tersebut dari pendekatan historissemuanya benar, hal tersebut didasar bukti-bukti sejarah serta peneltian para sejarawan yang menggunakan

pendekatan dan metodenya masing-masing.Berdasarakan beberapa buku dan keterangan sumber referensi sejarah, bahwa Islam mulaiberkembang di Nusantara sekitar abad 13 M . hal tersebut tak lepas dari peran tokoh serta ulamayang hidup pada saat itu, dan diantara tokoh yang sangat berjasa dalam proses Islamisasi diNusantara terutama di tanah Jawa adalah “ Walisongo”. Peran Walisongo dalam proses Islamisasi di tanah Jawa sangat besar.Tokoh Walisongo yang begitu dekat dikalangan masyarakat muslim kultural Jawa sangat mereka hormati. Hal ini karena ajaran-ajaran dan dakwahnya yang unik serta sosoknya yang menjadi teladan serta ramah terhadap masyarakat Jawa sehingga dengan mudahIslam menyebar ke seluruh wilayah Nusantara.


PENDIDIKAN PADA MASA KEMERDEKAAN


                                                            BAB I
                                                   PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan pendidikan semenjak kita mencapai kemerdekaan memberikan gambaran yang penuh dengan kesulitan. Pada masa ini, usaha penting dari pemerintah Indonesia pada permulaan adalah tokoh pendidik yang telah berjasa dalam zaman kolonial menjadi menteri pengajaran. Dalam kongres pendidikan, Menteri Pengajaran dan Pendidikan tersebut membentuk panitia perancang RUU mengenai pendidikan dan pengajaran. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk sebuah sistem pendidikan yang berlandaskan pada ideologi Bangsa Indonesia sendiri.
Praktek pendidikan zaman Indonesia merdeka sampai tahun 1965 bisa dikatakan banyak dipengaruhi oleh sistem pendidikan Belanda. Praktek pendidikan zaman kolonial Belanda ditujukan untuk mengembangkan kemampuan penduduk pribumi secepat-cepatnya melalui pendidikan Barat. Diharapkan praktek pendidikan Barat ini akan bisa mempersiapkan kaum pribumi menjadi kelas menengah baru yang mampu menjabat sebagai "pangreh praja". Praktek pendidikan kolonial ini tetap menunjukkan diskriminasi antara anak pejabat dan anak kebanyakan. Kesempatan luas tetap saja diperoleh anak-anak dari lapisan atas. Dengan demikian, sesungguhnya tujuan pendidikan adalah demi kepentingan penjajah untuk dapat melangsungkan penjajahannya. Yakni, menciptakan tenaga kerja yang bisa menjalankan tugas-tugas penjajah dalam mengeksploitasi sumber dan kekayaan alam Indonesia. Di samping itu, dengan pendidikan model Barat akan diharapkan muncul kaum bumi putera yang berbudaya barat, sehingga tersisih dari kehidupan masyarakat kebanyakan. Pendidikan zaman Belanda membedakan antara pendidikan untuk orang pribumi. Demikian pula bahasa yang digunakan berbeda. Namun perlu dicatat, betapapun juga pendidikan Barat (Belanda) memiliki peran yang penting dalam melahirkan pejuang-pejuang yang akhirnya berhasil melahirkan kemerdekaan Indonesia.

SEJARAH NEGARA SRILANKA


                                                                        BAB I
                                                                PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Sri Lanka, secara rasmi Republik Demokratik Sosialis Sri Lanka (dikenali sebagai Ceylon sebelum tahun 1972) ialah sebuah negara pulau di Asia Selatan yang terletak kira-kira 31 km dari pantai selatan India. Masyhur dengan gelaran `Mutiara Lautan Hindi`, ia merupakan tanahair bagi 20 juta orang penduduk.
Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka adalah sebuah negara pulau di pesisir tenggara India. Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negara ini Ceylon. Sri Lanka telah dilanda konflik etnis selama dua dekade terakhir, antara pemerintah dan kelompok minoritas Tamil yang dipimpin Macan Tamil. Pada tahun 2002, kedua pihak setuju untuk mengadakan gencatan senjata.Negara ini terkenal akan produksi tehnya.
Pulau ini dikenal dengan nama-nama Lanka, Lankadeepa (bahasa Sanskerta yang berarti "tanah bersinar"), Simoundou, Taprobane (dari bahasa Sanskerta: Tāmaraparnī), Serendib (dari bahasa Sanskerta: Sinhala-dweepa), dan Selan pada zaman kuno.Di bawah penjajahan Britania, pulau ini disebut Ceylon, yang kadang-kadang masih digunakan hingga kini.

Dimensi PIPS



Assalammualaikum wr. wb.
Alhamdulillahirabbilalamin, puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena berkat rahmat, karunia serta hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “DIMENSI DAN STRUKTUR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL” . Tak lupa salawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjunan Nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, dan sampai kepada kita sebagai umatnya. Amin.
Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam pembuatan makalah ini. kami sadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, karena tak ada manusia yang sempurna. Kebenaran hanyalah milik Allah SWT. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan kritik dan saran dari para pembaca.
Akhirnya semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan bimbingan-Nya serta rahmat-Nya kepada kita semua. Amin.
Wassalammualaikum wr. wb.



                                                                                      Pontianak,     Januari  2012








                                                            DAFTAR ISI

A.    Latar Belakang Masalah……………..…………………………………………...1
A.      Dimensi PIPS………………………………………….…………………………………………..…………3
1.       Dimensi Pengetahuan (Knowledge)…………………………………………..…………..3
2.       Dimensi Ketrampilan (Skill)…………………………………………………………………….4
3.       Dimensi Nilai & Sikap..……………………………………………………………..……………6
4.       Dimensi Tindakan (Action)……………………………………………………………………..7
B.      Struktur PIPS……………………………………………………………………….………………………..8
C.      Model Struktur Pengetahuan………………………………………………………………………..8
1.     Atribut……………………………………………………………………………………………………9
2.     Kelas………………………………………………………………………………………………………9
3.     Symbol…………………………………………………………………………………………………..10
4.     Konsep…………………………………………………………………………………………………..10
5.     Generalisasi...…………………………………………………………………………………………11
BAB III  PENUTUP……………….…………………………………………………………………………………..………12
A.      Kesimpulan………………..………………………………………………………………………………...12
B.      Saran…………………………..………………………………………………………………………………..12
DAFTAR PUSTAKA…..……..…………………………………………………………………………………..……………13

PERKEMBANGAN ILMU FISIKA, ILMU KIMIA, DAN ILMU BIOLOGI


Assalammualaikum wr. wb.
Alhamdulillahirabbilalamin, puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena berkat rahmat, karunia serta hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “PERKEMBANGAN ILMU FISIKA, ILMU KIMIA, DAN ILMU BIOLOGI”. Tak lupa salawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjunan Nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, dan sampai kepada kita sebagai umatnya. Amin.
Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam pembuatan makalah ini. kami sadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, karena tak ada manusia yang sempurna. Kebenaran hanyalah milik Allah SWT. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan kritik dan saran dari para pembaca.
Akhirnya semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan bimbingan-Nya serta rahmat-Nya kepada kita semua. Amin.
Wassalammualaikum wr. wb.



                                                                                      Pontianak,     Maret  2012




                                                            DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………….    i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………     ii
BAB I PENDAHULUAN………..…………………………………………….     1
A.    Latar Belakang………………………………………………………..    1
B.     Rumusan Masalah……………..………………………………………   1
C.     Tujuan Makalah……………………………………………………….   1
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………  2
A.    Perkembangan Ilmu Biologi…………………………………..………   2
B.     Perkembangan Ilmu Fisika………………………………..…………..    4
C.     Perkembangan Ilmu Kimia………………………………..…………..   9
BAB III PENUTUP…………………………….……..……………..………......   12
D.    Kesimpulan………….……………………….………………..………   12
E.     Saran…………………………….…………….………………..……..   13
DAFTAR PUSTAKA……………………..………………………….…………   14