publishers admin area

Get Gifs at CodemySpace.com

Senin, 26 Maret 2012

Kebudayaan Robo-robo


PENDAPAT TENTANG KEBUDAYAAN ROBO - ROBO


       Kebudayaan Robo-robo adalah suatu acara yang dikenal di seluruh daerah di kalimantan yang sering diadakan di kota Pontianak dan juga Mempawah,yang di gelar setiap tahun pada rabu terakhir di bulan safar. Acara Robo-robo' merupakan satu rangkaian kegiatan adat istiadat yang bersifat religius dari Keraton Mantubillah Mempawah, yang diikuti oleh seluruh masyarakat pantai.
Acara pokok awali dengan khaul atau peringatan hari kematian Opu Daeng Menambon pada malam Selasa di Keraton Mantubillah Mempawah, Selanjutnya dilakukan doa tolak bala dan doa keselamatan serta doa syukur bagi seluruh masyarakat. Terakhir, dilanjutkan ziarah dan napak tilas, dengan maksud untuk mengenang kembali masa kejayaan pendiri Kerajaan Mempawah yaitu Opu Daeng Menambon.
      Kemarin baru saja diadakan Robo – robo di kuala Mempawah,pada tanggal 16-18 januari 2012,walaupun hanya tiga hari tetapi mendapat perhatian besar oleh masyarakat Mempawah,Pontianak dan juga di daerah lain. Iringan musik hadrah dan tarian jepin mewarnai pelaksanaan acara itu. Juga dilangsungkan lomba sampan tradisional yang mengelilingi muara Sungai Kakap. Suasana menjadi lebih meriah atas kehadiran pasar-pasar kagetan dan kehadiran warga sekitar maupun Pontianak yang datang ke lokasi itu.
Tidak hanya masarakat yang hadir dala acara robo – robo tersebut bahkan di dalam puncak acara robo – robo masyarakat di hadiri oleh wakil gubernur Kal-bar,Cristiandi sanjaya dan Bupati pontianak Ria norsan,bahkan undangan dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei darussalam sehingga mendapat perhatian besar oleh masyarakat yang datang.
Dari acara Robo – robo yang mendapat perhatian banyak oleh masyarakat – masyarakat daerah,luar daerah bahkan ddari negara tetangga berarti acara Robo -  robo sangat dikenal di daerah – daerah bahkan luar negara sehingga Semoga dengan Robo-robo' ini dapat meningkatkan silahturahmi, disamping adanya unsur pariwisata sebagai sumber pendapatan di lingkungan masyarakat setempat dan memotivasi warga kalbar untuk tetap melestrikan bahkan mengembangkan acara Robo - robo menjadi kebudayaan yang lebih dikenal di dunia sehingga dapat menarik minat wisata.
        Kebudayaan juga sangat berperan aktif dalam memajukan suatu daerah agar lebih dikenal daerah lain ataupun negara lain,di kalbar sangat kaya akan kebudayaan dengan dukungan masyarakat kebudayaan itu bisa dilestarikan. Budaya itu harus ditata dengan baik. Karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang selalu meletakkan budaya di hatinya. Sebab, budaya adalah suatu budi daya yang di dalamnya ada etos kerja, moral, tata nilai.
Kali ini acara Robo – robo lebih meriah dibandingkan dari sebelumnya dan dapat dikatakan bahwa acara robo – robo tahun ini lebih meningkat dari sebelumnya,dengan mendapatkan dukungan dari wakil gubernur kalbar,bupati pontianak,raja keraton amantubillah mempawah dan terutama dari masyarakat -  masyarakat kalbar.
itu baru kebudayaan – kebudayaan yang ada di daerah mempawah dan pontianak apalagi jika kebudayaan -  kebudayaan yang ada di kalbar disatukan dalam acara robo – robo seperti dari kebudayaan sambas,bengkayang,sanggau dan daerah – daerah lain yang khas akan tari dan lagu daerahnya
Selain dapat melestarikan budaya – budaya kalbar juga dapat menyatukan daerah –daerah yang ada di kalbar dan suku  - suku di kalbar
Kemasan acara Robok-robok patut ditingkatkan kualitasnya. Setakat ini, belum dikemas secara profesional dan cenderung terus menurun. Tolok ukur kegiatan dilihat dari Robok-robok sekitar lima tahun lalu, di mana sejumlah perahu warna-warni dan barisan kapal warga ikut memenuhi sungai Kuala Mempawah mengiringi perahu bidar raja yang akan melaksanakan ritual.



Menurut permerhati budaya yang juga aktivis Wisata Kabupaten Pontianak Moranthony, mestinya daerah bisa mengemas acara tersebut lebih menarik. Sebab, budayawan dan pemikir daerah belum dilibatkan untuk membangun event tersebut. “Saya nilai kegiatan Robok-robok tahun ini biasa-biasa saja. Kalau tidak ada pedagang yang turut meramaikan, saya kira acara tersebut akan semakin hambar,” kata Moranthony di sela acara di Kuala Mempawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar