BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Sejarah masuknya Islam ke wilayah Nusantara
sudah berlangsung demikian lama, sebagian berpendapat bahwa Islam
masuk pada abad ke-7 M yang datang lansung dari
Arab. Pendapat lain mengatakan bahwa Islam masuk pada abad ke-13, dan ada
juga yang berpendapat bahwa Islam masuk pada sekitar abad ke 9 M atau 11 M .
Perbedaan pendapat tersebut dari pendekatan historissemuanya benar, hal
tersebut didasar bukti-bukti sejarah serta peneltian para sejarawan yang menggunakan
pendekatan dan metodenya
masing-masing.Berdasarakan beberapa buku dan keterangan sumber referensi
sejarah, bahwa Islam mulaiberkembang di Nusantara sekitar abad 13 M . hal
tersebut tak lepas dari peran tokoh serta ulamayang hidup pada saat itu,
dan diantara tokoh yang sangat berjasa dalam proses Islamisasi diNusantara terutama di tanah Jawa adalah “
Walisongo”. Peran Walisongo dalam proses Islamisasi di tanah Jawa
sangat besar.Tokoh Walisongo yang begitu dekat dikalangan masyarakat
muslim kultural Jawa sangat mereka hormati. Hal ini karena
ajaran-ajaran dan dakwahnya yang unik serta sosoknya yang menjadi teladan serta
ramah terhadap masyarakat Jawa sehingga dengan mudahIslam menyebar ke seluruh
wilayah Nusantara.
Masjid merupakan tempat sholat
umat Islam,masjid tersebar di berbagai daerah.namun, biasanya masjid didirikan
pada tepi barat alun-alun dekat istana.Alun-alun adalah tempat bertemunya
rakyat dan rajanya. Masjid merupakan tempat bersatunya rakyat dan rajanya
sebagai sesama mahkluk Illahi dengan Tuhan. Raja akan bertindak sebagai imam
dalam memimpin salat.
Bentuk dan ukuran masjid bermacam-macam. Namun, yang merupakan ciri khas sebuah masjid ialah atap (kubahnya).Masjid di Indonesia umumnya atap yang bersusun,makin ke atas makin kecil, dan tingkatan yang paling atas biasanya berbentuk limas. Jumlah atapnya selalu ganjil. Bentuk ini mengingatkan kita pada bentuk atap candi yang denahnya bujur sangkar dan selalu bersusun serta puncak stupa yang adakalanya berbentuk susunan payung-payung yang terbuka. Dengan demikian, masjid dengan bentuk seperti ini mendapat pengaruh dari Hindu-Buddha.
Peninggalan sejarah Islam dalam bentuk masjid, dapat kita lihat antara lain pada beberapa masjid berikut.
(1) Masjid Agung Banten (bangun beratap tumpang)
Masjid Agung Banten termasuk masjid tua yang penuh nilai sejarah. Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tapi juga dari berbagai daerah di Pulau Jawa.
Salah satu kekhasan yang tampak dari masjid ini adalah adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima, mirip pagoda China. Ini adalah karya arsitektur China yang bernama Tjek Ban Tjut. Dua buah serambi yang dibangun kemudian menjadi pelengkap di sisi utara dan selatan bangunan utama.
Di masjid ini juga terdapat komplek makam sultan-sultan Banten serta keluarganya. Yaitu makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar. Sementara di sisi utara serambi selatan terdapat makam Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin, dan lainnya.
Masjid Agung Banten juga memiliki paviliun tambahan yang terletak di sisi selatan bangunan inti Masjid Agung. Paviliun dua lantai ini dinamakan Tiyamah. Berbentuk persegi panjang dengan gaya arsitektur Belanda kuno. Bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Hendick Lucasz Cardeel. Biasanya, acara-acara seperti rapat, dan kajian Islami dilakukan di sini.
Menara yang menjadi ciri khas sebuah masjid juga dimiliki Masjid Agung Banten. Terletak di sebelah timur masjid, menara ini terbuat dari batu bata dengan ketinggian kurang lebih 24 meter, diameter bagian bawahnya kurang lebih 10 meter. Untuk mencapai ujung menara, ada 83 buah anak tangga yang harus ditapaki dan melewati lorong yang hanya dapat dilewati oleh satu orang. Dari atas menara ini, pengunjung dapat melihat pemandangan di sekitar masjid dan perairan lepas pantai, karena jarak antara menara dengan laut hanya sekitar 1,5 km.
Dahulu, selain digunakan sebagai tempang mengumandangkan azan, menara yang juga dibuat oleh Hendick Lucasz Cardeel ini digunakan sebagai tempat menyimpan senjata.
(2) Masjid Demak (dibangun para wali)
Masjid Agung Demak adalah sebuah mesjid yang tertua di Indonesia. Masjid ini terletak di desa Kauman, Demak, Jawa Tengah. Masjid ini dipercayai pernah merupakan tempat berkumpulnya para ulama (wali) penyebar agama Islam, disebut juga Walisongo, untuk membahas penyebaran agama Islam di Tanah Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak, pada sekitar abad ke-15 Masehi.
Masjid ini mempunyai bangunan-bangunan induk dan serambi. Bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut saka guru. Tiang ini konon berasal dari serpihan-serpihan kayu, sehingga dinamai 'saka tatal'Bangunan serambi merupakan bangunan terbuka. Atapnya berbentuk limas yang ditopang delapan tiang yang disebut Saka Majapahit.
Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Di sana juga terdapat sebuah museum, yang berisi berbagai hal mengenai riwayat berdirinya Masjid Agung Demak.
(3) Masjid Kudus
Secara umum pembagian keraton meliputi: Kompleks Alun-alun Lor/Utara, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Sitihinggil Lor/Utara, Kompleks Kamandungan Lor/Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Kamagangan, Kompleks Srimanganti Kidul/Selatan dan Kemandungan Kidul/Selatan, serta Kompleks Sitihinggil Kidul dan Alun-alun Kidul. Kompleks keraton ini juga dikelilingi dengan baluwarti, sebuah dinding pertahanan dengan tinggi sekitar tiga sampai lima meter dan tebal sekitar satu meter tanpa anjungan. Dinding ini melingkungi sebuah daerah dengan bentuk persegi panjang. Daerah itu berukuran lebar sekitar lima ratus meter dan panjang sekitar tujuh ratus meter. Kompleks keraton yang berada di dalam dinding adalah dari Kemandungan Lor/Utara sampai Kemandungan Kidul/Selatan. Kedua kompleks Sitihinggil dan Alun-alun tidak dilingkungi tembok pertahanan ini.
(5) Masjid Agung Pondok Tinggi (beratap tumpang)
Bukan sekedar mendapatkan wawasan, tapi anda juga bisa menikmati arsitekturnya yang khas,Keindahan yang pertama nampak dari Masjid Agung ini adalah desain atapnya yaitu desain tumpang berlapis tiga. Makin ke atas makin kecil dan lapisan atap paling atas berbentuk piramida.
Selain itu dinding dan tiang-tiang masjid semua berbahan dari kayu. Berbagai macam motif ukiran pada dinding dan tiang masjid menghiasi mesjid sehingga tampak indah.
Desain arsitektur masjid ini merupakan refleksi dari sebagian pandangan hidup masyarakat berkaitan dengan adat istiadat dan ketuhanan. Masjid setinggi 100 kaki atau sekitar 30,5 meter dari lantai dasar hingga ke puncak atap ini ditopang oleh 36 buah tiang yang besar dan kokoh.
Tiang itu dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu Tiang panjang sambilea (sembilan), berjumlah empat buah, membentuk segi empat pada ruang masjid yang paling dalam. Keempat tiang yang berasal dari batang pohon yang utuh dan kuat tersebut dinamai tiang tuo. Tiang tuo tersebut diberi paku emas untuk menolak bala, dan pada puncaknya diberi kain berwarna merah dan putih sebagai lambang kemuliaan. Kemudian Tiang panjang limau, berjumlah delapan buah, membentuk segi empat pada ruang tengah, lalu 24 buah Tiang panjang duea, yang membentuk segi empat pada bagian ruang yang paling luar.
Selain itu, masih ada beberapa tiang yang dirancang menggantung, tidak menancap (tertajak) ke tanah. Desain menggantung ini dimaksudkan agar tiang tersebut memiliki daya lenting dan elastis, sehingga tahan terhadap gempa bumi yang memang sering terjadi di Kabupaten Kerinci. Tiang-tiang tersebut juga dihiasi dengan ukiran bermotif flora.
Makna filosofis dari ungkapan di atas adalah berpucuk satu berarti menghormati satu kepala adat dan menjunjung tinggi kepercayaan pada Yang Kuasa, kemudian berjurai empat artinya di Dusun Pondok Tinggi terdapat empat jurai. Di setiap jurai terdapat seorang ninik mamak atau pemangku adat dan seorang imam. Jadi, terdapat empat orang pemangku adat dan empat orang imam, Lalu bertingkat tiga artinya masyarakat Pondok Tinggi tidak pernah melepaskan seko nan tigo takakpusaka tengganai, pusaka ninik mamak dan pusaka depati. (pusaka tiga tingkat) yang terdiri dari
Konon Masjid Agung Pondok Tinggi ini dibangun secara bergotong-royong oleh warga Dusun Pondok Tinggi, Kerinci pada tahun 1874 M. Menurut masyarakat setempat, awal pembangunan dimulai pada hari Rabu 1 Juni 1874 dan selesai pada tahun 1902.
Sebagian besar warga baik laki-laki dan perempuan bergotong-royong mengumpulkan kayu untuk pembangunan masjid.
Mesjid Agung ini merupakan bukti kecerdasan masyarakat lokal dalam mendirikan sebuah bangunan. Proses pembangunan masjid ini juga menunjukkan kultur komunal yang masih kuat berakar pada masyarakat Kerinci saat itu.(dip)
(6) Masjid Raya Aceh, Masjid Raya Deli
Empat tahun setelah Masjid Raya Baiturrahman itu terbakar, pada pertengahan shafar 1294 H/Maret 1877 M, dengan mengulangi janji jenderal Van Sweiten, maka Gubernur Jenderal Van Lansberge menyatakan akan membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman yang telah terbakar itu. Pernyataan ini diumumkan setelah diadakan permusyawaratan dengan kepala-kepala Negeri sekitar Banda Aceh. Dimana disimpulakan bahwa pengaruh Masjid sangat besar kesannya bagi rakyat Aceh yang 100% beragama Islam. Janji tersebut dilaksanakan oleh Jenderal Mayor Vander selaku Gubernur Militer Aceh pada waktu itu. Dan tepat pada hari Kamis 13 Syawal 1296 H/9 Oktober 1879 M, diletakan batu pertamanya yang diwakili oleh Tengku Qadhi Malikul Adil. Masjid Raya Baiturrahman ini siap dibangun kembali pada tahun 1299 Hijriyah bersamaan dengan kubahnya hanya sebuah saja.
Pada tahun 1935 M, Masjid Raya Baiturrahman ini diperluas bahagian kanan dan kirinya dengan tambahan dua kubah. Dan pada tahun 1975 M terjadinya perluasan kembali. Perluasan ini bertambah dua kubah lagi dan dua buah menara sebelah utara dan selatan. Dengan perluasan kedua ini Masjid Raya Baiturrahman mempunyai lima kubah dan selesai dekerjakan dalam tahun 1967 M. Dalam rangka menyambut Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-XII pada tanggal 7 s/d 14 Juni 1981 di Banda Aceh, Masjid Raya diperindah dengan pelataran, pemasangan klinkers di atas jalan-jalan dalam pekarangan Masjid Raya. Perbaikan dan penambahan tempat wudhuk dari porselin dan pemasangan pintu krawang, lampu chandelier, tulisan kaligrafi ayat-ayt Al-Qur’an dari bahan kuningan, bagian kubah serta intalasi air mancur di dalam kolam halaman depan.
Dan pada tahun 1991 M, dimasa Gubernur Ibrahim Hasan terjadi perluasan kembali yang meliputi halaman depan dan belakang serta masjidnya itu sendiri. Bagian masjid yang diperluas,meliputi penambahan dua kubah, bagian lantai masjid tempat shalat, ruang perpustakaan, ruang tamu, ruang perkantoran, aula dan ruang tempat wudhuk, dan 6 lokal sekolah. Sedangkan. perluasan halaman meliputi, taman dan tempat parkir serta satu buah menara utama dan dua buah minaret.
Dilihat dari sejarah, Masjid Raya Baiturrahman ini mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh, karena sejak Sultan Iskandar Muda sampai sekarang masih berdiri megah di tengah jantung kota Banda Aceh. Mesjid Raya ini mempunyai berbagai fungsi selain shalat, yaitu tempat mengadakan pengajian, perhelatan acara keagamaan seperti maulid Nabi Besar Muhammad SAW, peringatan 1 Muharram, Musabaqah Tilawatil Qur’an (yang baru selesai MTQ Telkom-Telkomsel Nasional), tempat berteduh bagi warga kota serta para pendatang, salah satu obyek wisata Islami.
Waktu gempa dan tsunami (26 Desember 2004) yang menghancurkan sebagian Aceh, mesjid ini selamat tanpa kerusakan yang berarti dan banyak warga kota yang selamat di sini. Kawasan/lingkungan mesjid ini juga dijadikan kawasan syariat Islam, jadi sebaiknya kita jaga dan jangan dikotori oleh perbuatan-perbuatan yang melecehkan mesjid serta melanggar syariat Islam.
Makam memiliki daya tarik tersendiri karena merupakan hasil kebudayaan. Makam biasanya memiliki batu nisan. Di samping kebesaran nama orang yang dikebumikan pada makam tersebut, biasanya batu nisannya pun memiliki nilai budaya tinggi. Makam yang terkenal antara lain makam para anggota Walisongo dan makam raja-raja.
Pada makam orang-orang penting atau terhormat didirikan sebuah rumah yang disebut cungkup atau kubah dalam bentuk yang sangat indah dan megah. Misalnya, makam Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan sunan-sunan besar yang lain.
Peninggalan sejarah Islam dalam bentuk makam dapat kita lihat antara lain pada beberapa makam berikut.
(1) Makam Sunan Langkat (di halaman dalam masjid Azisi, Langkat)
(2) Makam Walisongo
(3) Makam Imogiri (Yogyakarta)
(4) Makam Raja Gowa
(2) Di Sumatra (di pantai timur laut Aceh utara) ditemukan batu nisan Sultan Malik alsaleh yang berangka tahun 696 Hijriah (!297 M);
(3) Di Sulawesi Selatan, ditemukan batu nisan Sultan Hasanuddin;
(4) Di Banjarmasin, ditemukan batu nisan Sultan Suryana Syah; dan
(5) Batu nisan di Troloyo dan Trowulan.
Peninggalan Islam dapat juga kita temui dalam bentuk karya seni seperti seni ukir, seni pahat,Seni pertunjukan, seni lukis, dan seni sastra. Seni ukir dan seni pahat ini dapat dijumpai pada masjid-masjid di Jepara. Seni pertunjukan berupa rebana dan tarian, misalnya tarian Seudati. Pada seni aksara, terdapat tulisan berupa huruf arab-melayu, yaitu tulisan arab yang tidak memakai tanda (harakat, biasa disebut arab gundul).
(a) kaligrafi
Syair banyak dihasilkan oleh penyair Islam, Hamzah Fansuri. Karyanya yang terkenal adalah Syair Dagang, Syair Perahu, Syair Si Burung Pangi, dan Syair Si Dang Fakir.Syair-syair sejarah peninggalan Islam antara lain Syair Kompeni Walanda, Syair Perang Banjarmasin, dan Syair Himop. Syair-syair fiksi antara lain Syair Ikan Terumbuk dan Syair Ken Tambunan.
Babad adalah cerita sejarah tetapi banyak bercampur dengan mitos dan kepercayaan masyarakat yang kadang tidak masuk akal. Peninggalan Islam berupa babad antara lain Babad Tanah Jawi, Babad Sejarah Melayu (Salawat Ussalatin), Babad Raja-Raja Riau, Babad Demak, Babad Cirebon, Babad Gianti.
Kitab-kitab peninggalan Islam antara lain Kitab Manik Maya, Us-Salatin Kitab Sasana-Sunu, Kitab Nitisastra, Kitab Nitisruti, serta Sastra Gending karya Sultan Agung.
BAB II
PEMBAHASAN
Bukti – Bukti Peninggalan Islam di Indonesia
Bentuk dan ukuran masjid bermacam-macam. Namun, yang merupakan ciri khas sebuah masjid ialah atap (kubahnya).Masjid di Indonesia umumnya atap yang bersusun,makin ke atas makin kecil, dan tingkatan yang paling atas biasanya berbentuk limas. Jumlah atapnya selalu ganjil. Bentuk ini mengingatkan kita pada bentuk atap candi yang denahnya bujur sangkar dan selalu bersusun serta puncak stupa yang adakalanya berbentuk susunan payung-payung yang terbuka. Dengan demikian, masjid dengan bentuk seperti ini mendapat pengaruh dari Hindu-Buddha.
Peninggalan sejarah Islam dalam bentuk masjid, dapat kita lihat antara lain pada beberapa masjid berikut.
(1) Masjid Agung Banten (bangun beratap tumpang)
Masjid Agung Banten termasuk masjid tua yang penuh nilai sejarah. Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tapi juga dari berbagai daerah di Pulau Jawa.
Salah satu kekhasan yang tampak dari masjid ini adalah adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima, mirip pagoda China. Ini adalah karya arsitektur China yang bernama Tjek Ban Tjut. Dua buah serambi yang dibangun kemudian menjadi pelengkap di sisi utara dan selatan bangunan utama.
Di masjid ini juga terdapat komplek makam sultan-sultan Banten serta keluarganya. Yaitu makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar. Sementara di sisi utara serambi selatan terdapat makam Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin, dan lainnya.
Masjid Agung Banten juga memiliki paviliun tambahan yang terletak di sisi selatan bangunan inti Masjid Agung. Paviliun dua lantai ini dinamakan Tiyamah. Berbentuk persegi panjang dengan gaya arsitektur Belanda kuno. Bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Hendick Lucasz Cardeel. Biasanya, acara-acara seperti rapat, dan kajian Islami dilakukan di sini.
Menara yang menjadi ciri khas sebuah masjid juga dimiliki Masjid Agung Banten. Terletak di sebelah timur masjid, menara ini terbuat dari batu bata dengan ketinggian kurang lebih 24 meter, diameter bagian bawahnya kurang lebih 10 meter. Untuk mencapai ujung menara, ada 83 buah anak tangga yang harus ditapaki dan melewati lorong yang hanya dapat dilewati oleh satu orang. Dari atas menara ini, pengunjung dapat melihat pemandangan di sekitar masjid dan perairan lepas pantai, karena jarak antara menara dengan laut hanya sekitar 1,5 km.
Dahulu, selain digunakan sebagai tempang mengumandangkan azan, menara yang juga dibuat oleh Hendick Lucasz Cardeel ini digunakan sebagai tempat menyimpan senjata.
(2) Masjid Demak (dibangun para wali)
Masjid Agung Demak adalah sebuah mesjid yang tertua di Indonesia. Masjid ini terletak di desa Kauman, Demak, Jawa Tengah. Masjid ini dipercayai pernah merupakan tempat berkumpulnya para ulama (wali) penyebar agama Islam, disebut juga Walisongo, untuk membahas penyebaran agama Islam di Tanah Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak, pada sekitar abad ke-15 Masehi.
Masjid ini mempunyai bangunan-bangunan induk dan serambi. Bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut saka guru. Tiang ini konon berasal dari serpihan-serpihan kayu, sehingga dinamai 'saka tatal'Bangunan serambi merupakan bangunan terbuka. Atapnya berbentuk limas yang ditopang delapan tiang yang disebut Saka Majapahit.
Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Di sana juga terdapat sebuah museum, yang berisi berbagai hal mengenai riwayat berdirinya Masjid Agung Demak.
(3) Masjid Kudus
Secara umum pembagian keraton meliputi: Kompleks Alun-alun Lor/Utara, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Sitihinggil Lor/Utara, Kompleks Kamandungan Lor/Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Kamagangan, Kompleks Srimanganti Kidul/Selatan dan Kemandungan Kidul/Selatan, serta Kompleks Sitihinggil Kidul dan Alun-alun Kidul. Kompleks keraton ini juga dikelilingi dengan baluwarti, sebuah dinding pertahanan dengan tinggi sekitar tiga sampai lima meter dan tebal sekitar satu meter tanpa anjungan. Dinding ini melingkungi sebuah daerah dengan bentuk persegi panjang. Daerah itu berukuran lebar sekitar lima ratus meter dan panjang sekitar tujuh ratus meter. Kompleks keraton yang berada di dalam dinding adalah dari Kemandungan Lor/Utara sampai Kemandungan Kidul/Selatan. Kedua kompleks Sitihinggil dan Alun-alun tidak dilingkungi tembok pertahanan ini.
(5) Masjid Agung Pondok Tinggi (beratap tumpang)
Bukan sekedar mendapatkan wawasan, tapi anda juga bisa menikmati arsitekturnya yang khas,Keindahan yang pertama nampak dari Masjid Agung ini adalah desain atapnya yaitu desain tumpang berlapis tiga. Makin ke atas makin kecil dan lapisan atap paling atas berbentuk piramida.
Selain itu dinding dan tiang-tiang masjid semua berbahan dari kayu. Berbagai macam motif ukiran pada dinding dan tiang masjid menghiasi mesjid sehingga tampak indah.
Desain arsitektur masjid ini merupakan refleksi dari sebagian pandangan hidup masyarakat berkaitan dengan adat istiadat dan ketuhanan. Masjid setinggi 100 kaki atau sekitar 30,5 meter dari lantai dasar hingga ke puncak atap ini ditopang oleh 36 buah tiang yang besar dan kokoh.
Tiang itu dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu Tiang panjang sambilea (sembilan), berjumlah empat buah, membentuk segi empat pada ruang masjid yang paling dalam. Keempat tiang yang berasal dari batang pohon yang utuh dan kuat tersebut dinamai tiang tuo. Tiang tuo tersebut diberi paku emas untuk menolak bala, dan pada puncaknya diberi kain berwarna merah dan putih sebagai lambang kemuliaan. Kemudian Tiang panjang limau, berjumlah delapan buah, membentuk segi empat pada ruang tengah, lalu 24 buah Tiang panjang duea, yang membentuk segi empat pada bagian ruang yang paling luar.
Selain itu, masih ada beberapa tiang yang dirancang menggantung, tidak menancap (tertajak) ke tanah. Desain menggantung ini dimaksudkan agar tiang tersebut memiliki daya lenting dan elastis, sehingga tahan terhadap gempa bumi yang memang sering terjadi di Kabupaten Kerinci. Tiang-tiang tersebut juga dihiasi dengan ukiran bermotif flora.
Makna filosofis dari ungkapan di atas adalah berpucuk satu berarti menghormati satu kepala adat dan menjunjung tinggi kepercayaan pada Yang Kuasa, kemudian berjurai empat artinya di Dusun Pondok Tinggi terdapat empat jurai. Di setiap jurai terdapat seorang ninik mamak atau pemangku adat dan seorang imam. Jadi, terdapat empat orang pemangku adat dan empat orang imam, Lalu bertingkat tiga artinya masyarakat Pondok Tinggi tidak pernah melepaskan seko nan tigo takakpusaka tengganai, pusaka ninik mamak dan pusaka depati. (pusaka tiga tingkat) yang terdiri dari
Konon Masjid Agung Pondok Tinggi ini dibangun secara bergotong-royong oleh warga Dusun Pondok Tinggi, Kerinci pada tahun 1874 M. Menurut masyarakat setempat, awal pembangunan dimulai pada hari Rabu 1 Juni 1874 dan selesai pada tahun 1902.
Sebagian besar warga baik laki-laki dan perempuan bergotong-royong mengumpulkan kayu untuk pembangunan masjid.
Mesjid Agung ini merupakan bukti kecerdasan masyarakat lokal dalam mendirikan sebuah bangunan. Proses pembangunan masjid ini juga menunjukkan kultur komunal yang masih kuat berakar pada masyarakat Kerinci saat itu.(dip)
(6) Masjid Raya Aceh, Masjid Raya Deli
Empat tahun setelah Masjid Raya Baiturrahman itu terbakar, pada pertengahan shafar 1294 H/Maret 1877 M, dengan mengulangi janji jenderal Van Sweiten, maka Gubernur Jenderal Van Lansberge menyatakan akan membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman yang telah terbakar itu. Pernyataan ini diumumkan setelah diadakan permusyawaratan dengan kepala-kepala Negeri sekitar Banda Aceh. Dimana disimpulakan bahwa pengaruh Masjid sangat besar kesannya bagi rakyat Aceh yang 100% beragama Islam. Janji tersebut dilaksanakan oleh Jenderal Mayor Vander selaku Gubernur Militer Aceh pada waktu itu. Dan tepat pada hari Kamis 13 Syawal 1296 H/9 Oktober 1879 M, diletakan batu pertamanya yang diwakili oleh Tengku Qadhi Malikul Adil. Masjid Raya Baiturrahman ini siap dibangun kembali pada tahun 1299 Hijriyah bersamaan dengan kubahnya hanya sebuah saja.
Pada tahun 1935 M, Masjid Raya Baiturrahman ini diperluas bahagian kanan dan kirinya dengan tambahan dua kubah. Dan pada tahun 1975 M terjadinya perluasan kembali. Perluasan ini bertambah dua kubah lagi dan dua buah menara sebelah utara dan selatan. Dengan perluasan kedua ini Masjid Raya Baiturrahman mempunyai lima kubah dan selesai dekerjakan dalam tahun 1967 M. Dalam rangka menyambut Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-XII pada tanggal 7 s/d 14 Juni 1981 di Banda Aceh, Masjid Raya diperindah dengan pelataran, pemasangan klinkers di atas jalan-jalan dalam pekarangan Masjid Raya. Perbaikan dan penambahan tempat wudhuk dari porselin dan pemasangan pintu krawang, lampu chandelier, tulisan kaligrafi ayat-ayt Al-Qur’an dari bahan kuningan, bagian kubah serta intalasi air mancur di dalam kolam halaman depan.
Dan pada tahun 1991 M, dimasa Gubernur Ibrahim Hasan terjadi perluasan kembali yang meliputi halaman depan dan belakang serta masjidnya itu sendiri. Bagian masjid yang diperluas,meliputi penambahan dua kubah, bagian lantai masjid tempat shalat, ruang perpustakaan, ruang tamu, ruang perkantoran, aula dan ruang tempat wudhuk, dan 6 lokal sekolah. Sedangkan. perluasan halaman meliputi, taman dan tempat parkir serta satu buah menara utama dan dua buah minaret.
Dilihat dari sejarah, Masjid Raya Baiturrahman ini mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh, karena sejak Sultan Iskandar Muda sampai sekarang masih berdiri megah di tengah jantung kota Banda Aceh. Mesjid Raya ini mempunyai berbagai fungsi selain shalat, yaitu tempat mengadakan pengajian, perhelatan acara keagamaan seperti maulid Nabi Besar Muhammad SAW, peringatan 1 Muharram, Musabaqah Tilawatil Qur’an (yang baru selesai MTQ Telkom-Telkomsel Nasional), tempat berteduh bagi warga kota serta para pendatang, salah satu obyek wisata Islami.
Waktu gempa dan tsunami (26 Desember 2004) yang menghancurkan sebagian Aceh, mesjid ini selamat tanpa kerusakan yang berarti dan banyak warga kota yang selamat di sini. Kawasan/lingkungan mesjid ini juga dijadikan kawasan syariat Islam, jadi sebaiknya kita jaga dan jangan dikotori oleh perbuatan-perbuatan yang melecehkan mesjid serta melanggar syariat Islam.
Makam memiliki daya tarik tersendiri karena merupakan hasil kebudayaan. Makam biasanya memiliki batu nisan. Di samping kebesaran nama orang yang dikebumikan pada makam tersebut, biasanya batu nisannya pun memiliki nilai budaya tinggi. Makam yang terkenal antara lain makam para anggota Walisongo dan makam raja-raja.
Pada makam orang-orang penting atau terhormat didirikan sebuah rumah yang disebut cungkup atau kubah dalam bentuk yang sangat indah dan megah. Misalnya, makam Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan sunan-sunan besar yang lain.
Peninggalan sejarah Islam dalam bentuk makam dapat kita lihat antara lain pada beberapa makam berikut.
(1) Makam Sunan Langkat (di halaman dalam masjid Azisi, Langkat)
(2) Makam Walisongo
(3) Makam Imogiri (Yogyakarta)
(4) Makam Raja Gowa
(2) Di Sumatra (di pantai timur laut Aceh utara) ditemukan batu nisan Sultan Malik alsaleh yang berangka tahun 696 Hijriah (!297 M);
(3) Di Sulawesi Selatan, ditemukan batu nisan Sultan Hasanuddin;
(4) Di Banjarmasin, ditemukan batu nisan Sultan Suryana Syah; dan
(5) Batu nisan di Troloyo dan Trowulan.
Peninggalan Islam dapat juga kita temui dalam bentuk karya seni seperti seni ukir, seni pahat,Seni pertunjukan, seni lukis, dan seni sastra. Seni ukir dan seni pahat ini dapat dijumpai pada masjid-masjid di Jepara. Seni pertunjukan berupa rebana dan tarian, misalnya tarian Seudati. Pada seni aksara, terdapat tulisan berupa huruf arab-melayu, yaitu tulisan arab yang tidak memakai tanda (harakat, biasa disebut arab gundul).
(a) kaligrafi
Syair banyak dihasilkan oleh penyair Islam, Hamzah Fansuri. Karyanya yang terkenal adalah Syair Dagang, Syair Perahu, Syair Si Burung Pangi, dan Syair Si Dang Fakir.Syair-syair sejarah peninggalan Islam antara lain Syair Kompeni Walanda, Syair Perang Banjarmasin, dan Syair Himop. Syair-syair fiksi antara lain Syair Ikan Terumbuk dan Syair Ken Tambunan.
Babad adalah cerita sejarah tetapi banyak bercampur dengan mitos dan kepercayaan masyarakat yang kadang tidak masuk akal. Peninggalan Islam berupa babad antara lain Babad Tanah Jawi, Babad Sejarah Melayu (Salawat Ussalatin), Babad Raja-Raja Riau, Babad Demak, Babad Cirebon, Babad Gianti.
Kitab-kitab peninggalan Islam antara lain Kitab Manik Maya, Us-Salatin Kitab Sasana-Sunu, Kitab Nitisastra, Kitab Nitisruti, serta Sastra Gending karya Sultan Agung.
B.
Rumusan
Masalah
Adapun
masalah yang akan dikaji dalam makalah ini adalah Bukti – Bukti Peninggalan Islam di Indonesia. Dari
masalah ini dapat dibentuk beberapa submasalah diantaranya yaitu :
a. Bukti
– bukti Masjid yang ada di Nusantara ini.
b. Bukti
– bukti Makam dan Nisan yang ada di Nusantara ini.
c. Bukti
– bukti Karya Seni yang ada di Nusantara ini.
C.
Tujuan
Makalah
Adapun
tujuan dalam penulisan makalah ini adalah :
1. Mendeskripsikan
Bukti – Bukti Peninggalan Islam di Indonesia yang terdiri dari:
a. Masjid
b. Makam
dan Nisan
c. Karya
Seni
D.
Mamfaat
Makalah
Mamfaat makalah ini agar pendengar
dan pembaca dapat mengetahui segala bukti – bukti peninggalan islam di
nusantara ini,dan supaya dapat memotivikasi para pendengar yang beragama islam
(muslim) agar lebih mendekatkan diri pada ajaran Islam
Islam
tersebar di berbagai daerah di Indonesia.bukti keberadaan Islam itu dapat
dilihat bukan saja dari para pemeluknya yang memiliki pengikut paling besar di
Indonesia.Bukti historis dan arkeologis juga mendukung keberadaan Islam di
Indonesia. Bukti historis dan arkeologis dapat dilihat pada budaya dan tradisi
yang telah lama hidup dan berkembang pada masyarakat.
Peninggalan
Islam yang dapat kita saksikan hari ini merupakan perpaduan antara kebudayaan
Islam dan kebudayaan setempat. Peninggalan-peninggalan sejarah Islam di Indonesia,antara lain
dalam bentuk masjid, keraton, nisan, makam, kaligrafi, dan karya sastra.
A).Masjid
Beberapa di antara
masjid-masjid khas Indonesia memiliki menara, tempat muadzin menyuarakan adzan
dan memukul bedug. Contohnya menara Masjid Kudus yang memiliki bentuk dan struktur
bangunan yang mirip dengan bale kul-kul di Pura Taman Ayun. Kul-kul memiliki
fungsi yang sama dengan menara, yakni memberi informasi atau tanda kepada
masyarakat mengenai berbagai hal berkaitan dengan kegiatan suci atau yang lain
dengan dipukulnya kul-kul dengan irama tertentu.
Masjid Agung Banten
terletak di Kompleks bangunan masjid di Desa Banten Lama, sekitar 10 km sebelah
utara Kota Serang. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Maulana
Hasanuddin (1552-1570), sultan pertama Kasultanan Demak. Ia adalah putra
pertama Sunan Gunung Jati.
Mesjid Menara Kudus (disebut
juga sebagai mesjid Al Aqsa dan Mesjid Al Manar) adalah mesjid yang dibangun
oleh Sunan Kudus atau Ja'far Shodiq ialah putera dari R.Usman Haji yang
bergelar dengan Sunan Ngudung pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah
dengan menggunakan batu dari Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama
dan terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
Masjid Menara Kudus
menjadi bukti, bagaimana sebuah perpaduan antara Kebudayaan Islam dan
Kebudayaan Hindu telah menghasilkan sebuah bangunan yang tergolong unik dan
bergaya arsitektur tinggi. Sebuah bangunan masjid, namun dengan menara dalam
bentuk candi dan berbagai ornamen lain yang bergaya Hindu.
(4) Masjid Keraton Surakarta, Yogyakarta, Cirebon (beratap
tumpang)
Keraton (Istana) Surakarta
merupakan salah satu bangunan yang eksotis di zamannya. Salah satu arsitek istana
ini adalah Pangeran Mangkubumi (kelak bergelar Sultan Hamengkubuwono I) yang
juga menjadi arsitek utama Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu tidaklah
mengherankan jika pola dasar tata ruang kedua keraton tersebut (Yogyakarta dan
Surakarta) banyak memiliki persamaan umum. Keraton Surakarta sebagaimana yang
dapat disaksikan sekarang ini tidaklah dibangun serentak pada 1744-45, namun
dibangun secara bertahap dengan mempertahankan pola dasar tata ruang yang tetap
sama dengan awalnya. Pembangunan dan restorasi secara besar-besaran terakhir
dilakukan oleh Susuhunan Pakubuwono X (Sunan PB X) yang bertahta 1893-1939.
Sebagian besar keraton ini bernuansa warna putih dan biru dengan arsitekrur
gaya campuran Jawa-Eropa.
Masjid Agung Pondok Tinggi
merupakan salah satu peninggalan bersejarah di Kabupaten Kerinci. Ia merupakan
saksi nyata penyebaran Islam pada tahun 1874 M di Kabupaten Kerinci.
.
Arsitektur Masjid Agung
Pondok tak sekedar tat bangunan tanpa makna. Tapi lebih dari itu. Sebut saja
susunan atap berlapis tiga, misalnya. Menurut masyarakat setempat, atap tiga
lapis ini merupakan lambang dari tatanan hidup masyarakat Kerinci, yakni
bapucak satau (berpucuk satu), barempe juroi (berjurai empat) dan batingkat
tigae (bertingkat tiga).
Masjid Raya Baiturrahman Banda
Aceh, merupakan Masjid yang memiliki lembaran sejarah tersendiri, yang kini
merupakan Masjid Negara yang berada di jantung kota Propinsi Nanggro Aceh
Darussalam. Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya
yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Mesjid raya
ini memang pertama kali dibangun oleh pemerintahan Sultan Iskandar Muda, namun
telah terbakar habis pada agresi tentara Belanda kedua pada bulan shafar
1290/April 1873 M, dimana dalam peristiwa tersebut tewas Mayjen Khohler yang
kemudian diabadikan tempat tertembaknya pada sebuah monument kecil dibawah
pohon ketapang/geulumpang dekat pintu masuk sebelah utara mesjid.
(B) Makam dan Nisan
(a) Makam
(b) Nisan
(1) Di Leran, Gresik
(Jawa timur) terdapat batu nisan bertuliskan bahasa dan huruf Arab, yang memuat
keterangan tentang meninggalnya seorang perempuan bernama Fatimah binti Maimun
yang berangka tahun 475 Hijriah (1082 M);
(C) Karya Seni
Kaligrafi
adalah menggambar dengan menggunakan huruf-huruf arab. Kaligrafi dapat
ditemukan pada makam Malik As-Saleh dari Samudra Pasai.
(b) Karya sastra
Karya
sastra yang dihasilkan cukup beragam. Para seniman muslim menghasilkan beberapa
karya sastra antara lain berupa syair, hikayat, suluk, babad, dan kitab-kitab.
Bukti-bukti peninggalan
syair yang ada di nusantara antara lain :
(a)
Syair Perahu,karya Hamzah
Fanzuriyang hidup di aceh pada masa pemerintahan sultan Alaidin Riayat Syah
Syidil Mukam II (1589-1604)),Syair ini berisi pengajaran tentang adap.
(b)
Syair Kompeni
Walanda,yang di dalamnya berisitentang riwayat Nabi.
(c)
Syair Perang Banjar
Masin,di kirakan di tulis pada abad ke-16, berisi tentang Hikayat adalah karya sastra yang berisi
cerita atau dongeng yang sering dikaitkan dengan tokoh sejarah, pengarangnya
ini di pastikan probelanda, sebab teks pembukaannya berisi pujian atas
pemerintahan belanda.
(d)
Syair Siak Sri
Indarapura,yang berisi silsilah raja –raja Siak.
(e)
Syair Ikan Telubuk, Syair
anonym yang berupa kisah fiksi berisi kisah-kisah dengan muatan adap dan
tuntunan berprilaku beragama.
Peninggalan
Islam berupa hikayat antara lain, Hikayabeberapa pokok tentantang ajaran
Islam,namun syair yang tidak diketahuiRaja Raja Pasai, Hikayat Si Miskin (Hikayat
Marakarma), Hikayat Bayan Budiman, Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Hang Tuah, dan
Hikayat Jauhar Manikam.
Bukti-bukti peninggalan
Hikayat yang ada di nusantara antara lain :
(a)
Hikayat Raja –raja Pasai,
di kirakan di tulis pada abat ke-14, kisah tentang si Merah Silu yang bermimpi
bertemu Nabi Muhammad,kemudian Silu bersyahadat dan menjadi Sultan Pasai
pertama bergelarnMalik Al-saleh.
(b)
Hikayat Si Miskim, di
kenal juga dengan Hikayat Manakarma, brkisah tantang Manakarma yang lahir dari
keluarga miskin namun karna kebaikan budi pekertinya akhirnya menjadi Raja,
selain pokok – pokok ajaran islam Hikayat ini juga berisi ajaran moral dan
anjuran menuntut ilmu.
(c)
Hikayat Amir Hamzah,
Berkisah tentang kepahlawanan Amir Hamzah yang memperjuangkan ajaran Islam dan
mempertahankan malaka dari Portugis dan melawan mertuanya yang masih kafir, di
perkirakan ditulis tahun 1511.
(d)
Hikayan Bayan Budiman,
berupa kisah yang berbingkai yang disudur dari hikayat India Sukasaptati, yang
sebelumnya telah di adaptasi ke dalam bahasa Persia oleh Kadi Hasan pada 1371,
berisi tentang burung Bayan yang mencegah perempuan.
(e)
Hikayat Prang Sabi, di
tulis oleh Tgk Chik Pantekulu pada 1881, dan menjadi inspirator jihad rakyat
Aceh melawan Belanda, berisi kisah tentang bidadari surge (Ainul Mardhiyah)
yang menjadi jodoh para pejuang yang Syahid.
Suluk
adalah kitab-kitab yang berisi ajaran-ajaran tasawuf. Peninggalan Islam berupa
suluk antara lain Suluk Wujil, Suluk Sunan Bonang, Suluk Sukarsa, Suluk Syarab
al Asyiqin, dan Suluk Malang Sumirang.
Bukti-bukti peninggalan
Suluk yang ada di nusantara antara lain :
(a)
Suluk Wujil, di tulis
oleh Wajil seorang pelawak bertubuh cebol dari Majapahit yang memeluk nIslam
berkat ajaran Sunan Bonang,Suluk ini berisi ajaran Sunan Bonang tentang
kehidupan.
(b)
Suluk sunan Bonang,
berisi ajaran Sunan Bonang yang di tulis dengan pendekatan kisah wayang.
(c)
Suluk Sukarsa, berisi tentang
hakikat kepemimpinan.
(d)
Suluk Syarab Al-Asyiqin,
karya hamzah Fansuri, yang berisi tentang ajaran Wahdat Al-Wujud, tahap – tahap
pencapaian Makrifat.
(e)
Suluk Malang, Sumirang,
yang di tulis oleh sunban Panggung dari demak, sekitar tahun 1520, berisi kritikan terhadap Sultan Demak
dan ajaran Sunan Panggung di anggap sesat.
Bukti-bukti peninggalan
Suluk yang ada di nusantara antara lain :
(a)
Babat Tanah Jawi, di
tulis Carik Braja pada 1788 atas pemerintahan Sunan Pakuuwono III, Babat ini
berisi silsilah raja – raja dari zaman Mataram Hindu hingga Mataram Budha.
(b)
Babat sejarah Melayu
(Salawat Ussalatin)
(c)
Babat Raja – Raja Riau,
yang berisi tentang silsilah raja – raja Riau yang bercorak Islam.
(d)
Babat Demak, berisi
tentaang Raden Patah mendirikan kerajaan Demak.
(e)
Babat Cirebon, berisi
tentang kisah pangeran Cakrabuana membangun kota Cirebo dan membangun
perkempungan Muslim.
(f)
Babat Giahti, di
perkirakan di tulis pada 1803, membahas fenomena – fenomena politik pulau jawa
sekitar 1741-1757
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan adanya bukti
peninggalan sejarah Islam di nusantara ini baik itu berupa bangunan, makam,
nisan, dan karya sastra, maka dapat di simpulkan bahwa perkembangan islam di
nusantara dari sejak zaman dulu sampai sekarang telah terjadi pekembangan yamg
begitu pesat dari agama – agama lain.
B. Saran
1. Agar
kita semua dapat mengetahui arti pentingnya jaman sejarah bangsa kita yaitu
bangsa Indonesia,alangkah baiknya kita menjaga dan melestarikan
peninggalan-peninggalan sejarah bangsa kita,baik itu berupa
benda,bangunan-bangunan atau kebudayaan sebagai bukti bahwa sejarah Indonesia
ada.
2. ada
pepatah mengatakan “yang lalu biarlaah berlalu”..Tapi pepatah itu tidak untuk
kita di sini,karna “sejarah itu guru kehidupan”yang bisa menjelaskan kenapa
kita bisa seperti ini sekarang.
DAFTAR PUSTAKA
Ø
Hakim, Nur. 2004. Sejarah dan Peradaban Islam.
Malang: UMM Press.
Ø
Syukur, Fatah NC. Drs. H M.Ag. Sejarah Peradaban Islam.
Fakultas Tarbiyah, IAIN WaliSongo.
Semarang. 2008. Cet I.
Ø
Sejarah Umat Islam Jilid 4, Dr. Hamka, NU Nusantara Bukit
Tinggi 1961.
Ø
Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya, KH.Saiffuddin
Zuhri, Alma’Arif Bandung.
Ø
Sejarah Islam Indonesia, H. Ismail Yakub, Wijasa Jakarta.
Ø
Sejarah Indonesia Jilid I, Sanusi Pane, Jakarta 1955.
Las Vegas hotel rooms & suites - DRMCD
BalasHapusAt 1xbet login Wynn Las Vegas, there 충청북도 출장마사지 are 1045 천안 출장안마 rooms, plus a large selection 보령 출장마사지 of 동두천 출장샵 rooms and suites with private balconies and whirlpools. The spacious suites have